Profil

Visi :

Terwujudnya Program Studi yang Unggul dalam Pengembangan IPTEKS Bidang PPKn Berbasis Riset, Berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran bidang PPKn secara terpadu yang bermutu berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana dalam rangka menghasilkan sarjana PPKn yang memiliki kompetensi utama sebagai pendidik PPKn dan kompetensi tambahan sebagai non-pendidik yang relevan, bermutu, dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan riset dalam pengembangan Ilmu bidang PPKn secara terpadu yang bermutu dan berdaya saing tinggi berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana.
  3. Menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bidang PPKn secara terpadu baik subbidang pendidikan maupun non-kependidikan yang bermutu dan berdaya saing tinggi berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana PPKn yang memiliki kompetensi utama sebagai calon pendidik PPKn profesional dan kompetensi tambahan bidang akademik, profesi, dan vokasi dalam lingkup bidang terkait (peneliti pemula, asisten notaris, public relation, jurnalis, pengelola LSM/ NGO, dan calon legislatif) yang bermutu, berbudaya, berdaya saing tinggi berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pengembangan bidang PPKn berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana yang memiliki dampak bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran berreputasi nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat berbasis iptek yang berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana yang memiliki dampak bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran berreputasi nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan manajemen organisasi program studi yang efektif dan efisien dalam mewujudkan akuntabilitas, pertumbuhan, perkembangan dan keberlanjutan sebagai sebuah program studi di lembaga pendidikan tinggi berlandaskan Pancasila dan Tri Hita Karana.

Profil Lulusan

  1. Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia
    Pendidik, fasilitator, dan instruktur yang mendidik dengan penguasaan bahasa dan satra Indonesia dan pedagogik yang baik, memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi yang sesuai dengan tuntutan zaman.
  2. Peneliti Bahasa dan Sastra Indonesia
    Peneliti pemula dalam masalah-masalah pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan melakukan publikasi dalam berbagai forum ilmiah.
  3. Pengajar BIPA
    Pengajar dan pengelola program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).
  4. Jurnalis
    Penulis, wartawan, penyiar, dan pengelola media massa baik cetak, elektronik, maupun online.