Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi

VISI :

Terwujudnya Program Studi PPKn yang unggul dalam pengembangan IPTEKS bidang Pendidikan Kewarganegaraan berbasis riset berwawasan Pancasila dan Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045”.

MISI :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan secara terpadu yang mencakup bidang Politik/Pemerintahan, Hukum, Filsafat, Ideologi, Nilai dan Moral, dan Pendidikan/Pembelajaran Sosial/Kewarganegaraan yang bermutu berwawasan Tri Hita Karana dalam rangka menghasilkan SDM pendidik (PPKn) dan nonpendidik yang bermutu dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan riset dalam pengembangan Ilmu bidang PPKn secara terpadu baik yang mencakup bidang-bidang ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan/Pembelajaran Sosial/Kewarganegaraan yang bermutu dan berdaya saing tinggi berwawasan Tri Hita Karana melalui pembinaan dan pengembangan SDM peneliti yang bermutu.
  3. Menyelenggarakan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang Pengabdian Kepada Masyarakat yang bermutu dan berwawasan Tri Hita Karana.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan calon pendidik dalam lingkup bidang PPKn serta tenaga profesional bidang akademik, profesi, dan vokasi dalam lingkup bidang terkait (peneliti pemula, asisten notaris, public relation, jurnalis, pengelola NGO, calon legislatif) yang bermutu, berbudaya,  berdaya saing tinggi dengan berdasar Pancasila dan Tri Hita Karana.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pengembangan bidang PPKn berdasar Pancasila dan Tri Hita Karana yang memiliki dampak  bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran berreputasi nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat berbasis iptek yang berwawasan Pancasila dan Tri Hita Karana yang memiliki dampak bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran berreputasi nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan usaha-usaha pengendalian mutu program studi melalui kerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama dan kemitraan lainnya di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  5. Mengembangkan usaha-usaha pembinaan wawasan kebangsaan, kepemimpinan, dan kewirausahaan berbasis iptek untuk meningkatkan kemandirian organisasi dan lulusan.
  6. Mengembangkan manajemen organisasi program studi yang efektif dan efisien dalam mewujudkan akuntabilitas, keberlanjutan pertumbuhan dan perkembangan sebagai sebuah program studi di lembaga pendidikan tinggi.