VISI :

Mengembangkan Pendidikan dan Pembelajaran PPKn berbasis Tri Hita Karana untuk Menghasilkan Lulusan yang Unggul dalam Bidang PPKn di Asia Tahun 2045

MISI :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran bidang PPKn secara terpadu yang  bermutu berlandaskan Tri Hita Karana dalam rangka menghasilkan sarjana PPKn yang memiliki kompetensi utama sebagai pendidik PPKn dan kompetensi tambahan sebagai non-pendidik yang relevan, bermutu, dan berdaya saing tinggi.
  2. Menyelenggarakan kegiatan riset dalam pengembangan Ilmu bidang PPKn secara terpadu  yang bermutu dan berdaya saing tinggi berlandaskan Tri Hita Karana.
  3. Menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  bidang PPKn secara terpadu baik subbidang pendidikan maupun non-kependidikan yang bermutu dan berdaya saing tinggi berlandaskan Tri Hita Karana.

TUJUAN :

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana PPKn yang memiliki kompetensi utama sebagai calon pendidik PPKn profesional dan kompetensi tambahan bidang akademik, profesi, dan vokasi dalam lingkup bidang terkait (peneliti pemula, asisten notaris, dan publik relation) yang bermutu, berbudaya, berdaya saing tinggi berlandaskan Tri Hita Karana.
  2. Meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dan pengembangan bidang PPKn berlandaskan Tri Hita Karana yang memiliki dampak bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran bereputasi nasional dan internasional.
  3. Meningkatkan jumlah dan mutu pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEK yang berlandaskan Tri Hita Karana yang memiliki dampak bagi pembangunan masyarakat dan pendidikan serta memiliki luaran bereputasi nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan manajemen organisasi program studi yang efektif dan efisien dalam mewujudkan akuntabilitas, pertumbuhan,  perkembangan dan keberlanjutan sebagai sebuah program studi di lembaga pendidikan tinggi berlandaskan Tri Hita Karana. 

STRATEGI :

1. Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
  • Pengembangan dan menerapkan kurikulum yang koheren, relevan, dan mutakhir serta memberi hak kepada mahasiswa untuk belajar diluar PS (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).
  • Melaksanakan pembelajaran yang memiliki sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
  • Melaksanakan asesmen humanis yang mampu mendorong mahasiswa belajar.
  • Menyelenggarakan bimbingan mahasiswa secara terencana dan sistemik.
2. Bidang Penelitian
  • Melaksanakan kegiatan penelitian-penelitian inovatif oleh dosen dan/atau mahasiswa ditingkat lokal, nasional dan internasional.
  • Meningkatkan jumlah penelitian baik yang didanai PT sendiri, DL atau LN.
  • Meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian dan hasil kajian, baik oleh dosen dan/atau mahasiswa.
3. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang inovatif dan solutif oleh dosen dan/atau mahasiswa di tingkat lokal, nasional dan internasional.
  • Meningkatkan jumlah pengabdian pada masyarakat, baik yang didanai didanai PT sendiri, DL atau LN.
  • Meningkatkan jumlah publikasi pengabdian pada masyarakat, baik oleh dosen dan/atau mahasiswa.
4. Bidang Kerjasama

  • Meningkatkan sinergi antara PS dengan alumni dalam pengembangan kurikulum, percepatan studi, perpendek masa tunggu, dan meningkatkan relevansi pekerjaan lulusan.
  • Melakukan kerjasama kemitraan dengan dinas-dinas pendidikan dan sekolah-sekolah dalam rangka (a) mengembangkan kurikulum, (b) meningkatkan kompetensi guru dalam merancang, melaksanakan asesmen dan pembelajaran PPKn sesuai tuntutan era revolusi industri 4.0,
  • Melakukan kerjasama kemitraan dengan lembaga-lembaga pendidikan, mitra swasta mandiri dalam bentuk pelatihan, pengayaan dan pemantapan, pengembangan media pembelajaran dan edupreneurship.
  • Melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga swadaya masyarakat dalam rangka meningkatkan jumlah sasaran pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan literasi pendidikan, literasi keuangan, literasi data.